4

Programmer main google adsense

— Programmer main google adsense —

 
Halo sobat, apa kabar? semoga sehat terus supaya bisa internetan terus. hehe

Berbicara soal google adsense, pasti berbicara juga soal uang. ya uang. Sebagai programmer, saya pun tertarik untuk mencoba google adsense ini. Masa orang lain saja bisa menghasilkan uang, masa saya(programmer) tidak? Apa kata dunia.. #umpat dalam hati

Nah dari situlah saya coba main google adsense. Banyak artikel yang membahas kalau google adsense itu dibagi menjadi 2, yang pertama(1) google adsense di blog, yang ke dua(2) google adsense di youtube. Saya lebih tertarik yang pertama(1). Jadi akhirnya saya coba main adsense yang di blog. Simak pengalaman pahit saya dibawah.

Iya pahit. Hah? Kaget sobat? Lanjut baca aja yah.

MAIN GOOGLE ADSENSE DI BLOG

Untuk main adsense di blog, tentu harus punya blog. Jadi saya buat blog latcoding ini.

Niche(kategori) situs ini adalah seputar pemrograman (yap karena saya seorang programmer). Saya tulis artikel berkaitan tentang PHP, Javascript, Jquery, Ubuntu, GIS, Android setiap 5 hari sekali. Nah, setelah 6 bulan artikel saya sudah 40-an. Saya beranikan diri untuk daftar adsense. Saya pasang kode iklannya di website ini (saya pakai wordpress). Eh selang beberapa menit iklan tersebut sudah muncul di website saya. Wah senangnya, saya sudah diterima google adsense!. Ternyata mudah ya daftar google adsense! #sambil senyum.

Besoknya saya buka website ini, kali aja ada yang ngeklik iklannya. Dan pas websitenya kebuka… What?? iklannya hilang sobat. Lok kok.. Aneh. Saya coba cari pencerahan di google, dan ternyata memang begitu. Jadi pas kita daftar adsense pertama kali, iklan langsung muncul tapi hanya ‘sementara’ saja. Iklan akan benar-benar muncul jika kita sudah terima email balasan dari google adsense yang isinya “Selamat! Permohonan adsense Anda telah disetujui.“.

Saya tunggu-tunggu email tersebut, katanya email dikirim maksimal 3 harian. Saya tunggu 3 hari, belum dapat balasan juga, 7 hari masih belum. 3 minggu masih juga belum. Sampai 2 bulan tidak ada balasan. Wah, tanda-tanda di PHP-in nih. Haha. Saya coba cari pencerahan dengan masuk ke forum google adsense, cari-cari yang senasib dengan saya. Dan ternyata banyak! Ada yang komplain sudah 5 bulan tidak dapat balasan, ada yang menyindir google kok perusahaan besar tapi terkesan tidak professional kerjanya, dan masih banyak lagi.

Saya coba tanyakan masalah ini di forum adsense indonesia, kata sesepuh sana suruh tunggu 2-3 minggu lagi. Yasudah saya nurut deh. Setelah 3 minggu, saya cek email lagi, dan.. ternyata tidak ada balasan sama sekali dari google adsense. Huh. Ternyata main google adsense itu sulit ya sobat!.

Karena tidak ada kejelasan diterima atau ditolak permohonan adsense saya, maka saya delete akun adsensenya. Terus saya coba daftar lagi. Saya masih penasaran saja sama google adsense. Kok sebegitunya ya google adsense tidak mengirimkan email balasan sama sekali. Harusnya minimal kirim email-lah soal kejelasan permohonan adsense ini diterima atau ditolak. Kalaupun saya dapat email balasan berupa penolakan, saya merasa lebih lega ketimbang tidak dapat email sama sekali seperti ini. (wah jadi curcol saya).

Balik lagi ke soal daftar adsense. Saya daftar ulang adsense lagi. Akun yang dulu saya hapus. Nah setelah itu saya dapat kode iklannya yang baru, saya pasang lagi di website ini. Biasa, iklan langsung muncul dan hilang kembali. Saya tunggu balasan email dari google adsense lagi. Sampai detik ini sudah 4 bulan saya tidak dapat balasan apa-apa. Saya sudah pasrah. Tujuan awal saya bangun website ini adalah untuk mencari uang lewat google adsense. Tapi siapa nyana, susah sekali diterima adsense. Akhirnya saya tidak peduli lagi dengan google adsense, yang terpenting adalah saya tetap sharing/berbagi pengetahuan melalui website ini. n_n

Oya sekedar infonya aja, pas iseng-iseng main ke forum adsense, saya sempat baca salah satu komentar kalau dia dapat balasan email namun ditolak. Saya scroll kebawah lagi, ternyata dia pakai blogspot yang sudah di custom domainnya menjadi (dot)com. Orang tersebut orang indonesia loh. Jadi saya buat kesimpulan, kalau sobat daftarnya melalui blogspot, kemungkinan besar bakal cepat dapat email balasan dari google adsense. Begitu kira-kira.

Update : dapat email balasan setelah 1 tahun menungu!
Saya dapat balasan nih dari google .. Hasilnya? ditolak.. Haha..


adsense blog tahap 2

Yang mau daftar adsense blog siap2 nunggu 1 tahun ya .. :p

 

MAIN GOOGLE ADSENSE DI YOUTUBE

Setelah saya coba main adsense di blog yang hasilnya ‘nol’ besar. Akhirnya saya coba beralih ke google adsense youtube. Ternyata google adsense di youtube ini lebih gampang sobat. Waktu itu saya punya 1 video original, lalu saya ajuin ke google adsense, sehari kemudian saya dapat balasan kalau akun adsense youtube telah disetujui (diterima). Wih! ini bukan PHP, real..!.

Setelah 4 bulan saya sudah menghasilkan $ 10.14 dolar.

main adsense youtube

Biarpun masih sedikit tapi menghasilkan. Disyukuri saja.
Sekarang ini saya lagi fokus untuk meningkatkan penghasilan di youtube 🙂
Untuk sobat yang mau mengais rejeki lewat adsense, mending daftar google adsense youtube aja, buruan! sebelum susah!.

KESIMPULAN

– Google adsense blog suka PHP-in
– Daftar google adsense pakai blogspot lebih cepat dapat email balasan, ketimbang website yang hosting sendiri
– Google adsense youtube lebih mudah diterimanya

Sekian sharingnya dari saya. Semoga bermanfaat! 😀

[related_post themes="text" id="4231"]

Ambar Hasbiyatmoko

Hello, I’m web developer. Passionate about programming, networking and web server. @kaskus  @facebook

4 Comments

  1. masbro programmer saya marketing.. harusnya programmer jauh2 lebih unggul soal ini. Saya sudah 7 tahun maen google adsense lho. Jangan menyerah bro .. banyak jalan menuju roma. Situ padahal mudah saja bikin aplikasi android. saya bikin satu aj yg sederhana kayak aplikasi wallpaper itupun hasil copas sana-sini sampai kepala pening. Aplikasi android freeware hari ini = uang masbro 😀 .. Yg paling menghasilkan itu dari adsense 1. Aplikasi 2. Video Youtube 3. Blog/website

    • wah 7 tahun, master adsense nih, haaha
      Saya ngga nyerah kok bro, sekarang saya lagi fokus ke adsense youtube. Alhamdulillah dah menghasilkan walaupun blom Pay Out.

      Hm, ya saya juga kepikiran sih, mau buat aplikasi Android dan dikasih iklan. Cuma masalahnya mau diupload ke google play store pake bayar sih .. haha :p

  2. Saya juga sudah beberapa tahun punya adsense. Namun Hasilnya masih duiikiittt banget..Sampai hampir nyerah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.